Article & Blog

    Waduh! Peringkat Kampus Indonesia Melorot

    Jakarta - Peringkat kampus asal Indonesia dilaporkan mengalami penurunan dalam enam bulan terakhir. Kampus Indonesia yang sempat menembus Top 100 dunia, bahkan kini tak masuk 200 besar versi pemeringkatan World University Rankings yang dipublikasikan lembaga 4 International College & University (4ICU) pada edisi Januari 2013.

    Padahal, dalam edisi Juli 2012 yang juga dipublikasikan 4ICU, Indonesia sempat diwakili kampus ITB dalam daftar top 100 dunia. Namun seperti dikutipdetikINET dari situs 4icu.org, Jumat (1/2/2013), kali ini tidak ada wakil dari Indonesia yang masuk Top 200 dunia.

    Tak cuma itu, peringkat wakil Indonesia di Top 100 Asia pun mengalami penurunan. Kampus UGM, ITB, dan UI hanya menempati peringkat 53, 69, dan 84. Padahal sebelumnya, ketiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut menempati posisi ke 13, 37, dan 69 di wilayah Asia.

    Meski demikian, ketiga kampus itu masih menjadi jawara di negeri sendiri untuk peringkat Top 10 Indonesia. Di dalam daftar itu, Universitas Gunadarma juga masih mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menembus peringkat 10 besar nasional.

    Sementara di posisi Top 10 dunia, kampus dari Amerika Serikat masih merajai dengan urutan tiga besar seperti edisi Juli 2012 yaitu MIT, Stanford, dan Harvard.

    Dominasi China pada sepuluh besar di Wilayah Asia juga dilaporkan menurun. Sebelumnya China menempatkan 7 perguruan tinggi dalam top 10 Asia, namun kini hanya ada 4 kampus saja yang berhasil masuk. Tiga besar Asia ditempati oleh Univerity of Tokyo, National University of Singapore, dan Peking University.

    Dalam edisi terbaru ini, 4ICU juga menambahkan dua parameter dari majestic SEO yaitu Citation Flow dan Trust Flow. Di edisi sebelumnya hanya menggunakan parameter reffering domain dari Mejestic SEO, selain Google pagerank dan Alexa Traffic Rank.

    Perubahan metodologi tersebut menunjukkan bahwa pemeringkatan 4icu makin mempertimbangkan kualitas tautan dari website perguruan tinggi, atau tidak hanya mengukur jumlah tautan saja.

    Berikut adalah Top 10 Kampus Indonesia versi 4ICU:

    Institut Teknologi Bandung (PTN)
    Universitas Indonesia (PTN)
    Universitas Brawijaya (PTN)
    Universitas Gunadarma (PTS)
    Institut Pertanian Bogor (PTN)
    Universitas Diponegoro (PTN)
    Universitas Sebelas Maret (PTN)
    Universitas Pendidikan Indonesia (PTN)
    Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PTN)
    Universitas Gadjah Mada (PTN)

    (Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/02/01/111555/2158456/398/waduh-peringkat-kampus-indonesia-melorot?i991101mainnews )

    PT. Prawathiya Karsa Pradiptha didirikan pada bulan Februari 2008.Bisnis kami berfokus pada Enterprise Business Solution, IT Professional Service, IT Managed Service, Mobile Application, dan Call Center Service. PT. Prawathiya Karsa Pradiptha telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam membantu mereka menanggapi dinamika lingkungan dan memilih keputusan yang tepat dengan menggabungkan dan menerapkan teknologi dan layanan terkini.