Article & Blog

    Internet Of Things

    Internet of Things atau yang lebih dikenal dengan sebutan IOT merupakan sebuah konsep yang memiliki tujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus. Secara singka IOT merupakan suatu keadaan dimana benda-benda disekitar kita dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Jaringan internet mempermudah dalam proses pertukaran data, transfer data, remote data dan lainnya.

    Lantas bagaimanakah cara Internet of Things bekerja ? IOT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman yang tiap perintah argumennya menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapapun. Interaksi ini dihubungkan oleh internet dan diawasi, serta diatur oleh manusia.

    IOT bekerja dengan menerjemahkan bahasa pemrograman yang sudah dimasukkan kedalam mikro kontroler. Saat ini terdapat banyak sekali jenis mikro kontroler seperti Arduino Uno R3, Raspberry Pi, Intel Galileo, dan sebagainya. Setiap mikro-kontroler ini memiliki tingkat kercerdasan dan harga yang berbeda-beda. 

    Tantangan terbesar dalam konfigurasi IOT adalah menyusun jaringan komunikasi IOT, karena jaringan tersebut sangat kompleks dan memerlukan sistem keamanan yang ketat. Sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat IOT. Salah satunya mempermudah aktivitas manusia. Jadi, IOT berhubungan dengan segala aktivitas yang mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitasnya, dengan menggunakan koneksi internet.

    Konektivitas internet merupakan hal yang sangat penting dalam IOT. Setiap informasi yang diperoleh dari IOT sangat dipengaruhi oleh koneksi internet yang dimiliki oleh penggunanya. Jika pengguna memiliki koneksi yang tidak stabil maka informasi yang diterima menjadi kuran memuaskan. Jadi seperti itulah sedikit gambaran mengenai konsep kerja IOT. Jika ingin mempelajari IOT, programmer tidah harus memiliki mikro kontroler terlebih dahulu.

    Saat ini kita sudah terbantu dengan circuits.co. Circuits.co merupakan penyedia simulasi pemrrograman Arduino. Pada simulasi ini juga terdapat beberapa modul pendukung Arduino. Selain memahami bahasa pemrograman, penggunaan logika juga sangat penting dalam memahami IOT. Mengasah logika berpikir merupakan salah satu upaya agar semakin mudah memahami IOT.

    Bahasa pemrograman utama yang harus dipahami dalam IOT yaitu bahasa pemrograman C, walaupun demikian terdapat beberapa bahasa pendukung. Bahasa pemrograman pendukung dalam memahami IOT diantaranya java dan PHP. Selain itu IOT juga dapat dikombinasikan dengan aplikasi android yang semakin mempermudah dalam implementasi IOT. (Dwi Aji)

     

     

    PT. Prawathiya Karsa Pradiptha didirikan pada bulan Februari 2008.Bisnis kami berfokus pada Enterprise Business Solution, IT Professional Service, IT Managed Service, Mobile Application, dan Call Center Service. PT. Prawathiya Karsa Pradiptha telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam membantu mereka menanggapi dinamika lingkungan dan memilih keputusan yang tepat dengan menggabungkan dan menerapkan teknologi dan layanan terkini.